Monday, November 9, 2009

Melatih logika untuk membuat tampilan segitiga siku2

Berikut ini merupakan artikel sederhana untuk membuat tampilan segitiga seperti dibawah ini :

1 *
2 **
3 ***
4 ****
5 *****
6 ******

Jika diperhatikan, segitiga diatas terdiri dari baris dan kolom. Nah oleh karena itu kita harus membuat perulangan untuk baris dan kolom. Misalkan variabel baris adalah I dan variabel kolom adalah J maka nilai minimal I ada 1 dan maksimalnya adalah 6. Sedangkan nilai J minimalnya 1 dan maksimalnya ada sama dengan I. implementasi dari sourcecode adalah sebagai berikut :


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

int main(int argc, char *argv[])
{
for(int I = 1; I <= 10; I += 1)
{
for(int J = 1; J <= i; ++J)
{
cout<<"*";
}
cout<<"\n";
}
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}


Dari sourcecode diatas dilihat bahwa perulangan J ditaruh didalam perulangan I. Kenapa ? Karena batasan nilai J harus bergantung dari I. Jika ditaruh diluar sebenarnya tidak ada masalah tapi output tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan karena perulangan J akan dilakukan setelah perulangan I dilakukan.

Semoga membantu ... :)

No comments:

Post a Comment