Saturday, January 16, 2010

Mari Berlatih Bahasa C++ (Bagian 4)

program ini merupakan tambahan dari program Simple Database yang sebelumnya. Terdapat dua kemampuan baru yang ditambahkan pada program ini, mendambahkan data ke file dan membaca data dari file. Berikut ini adalah tambahan menu dari program sebelumnya :

File yang diciptakan adalah file csv (file teks) dan dapat dibuka serta diedit menggunakan openoffice atau microsoft exel. Semua fields data seperti Nama, nomor induk, dan alamat secara otomatis terpisah pada kolom yang berbeda.


Sebagai latihan, cobalah menyelesaikan beberapa masalah berikut :
  1. Untuk saat ini nama file teks telah ditentukan, simpleDB.csv. Cobalah memodifikasi program ini supaya user bisa juga menentukan sendiri nama file yang diinginkan.
  2. Jika anda memilih menu buka dari file, maka data yang sebelumnya ada didalam memori akan diganti dengan data baru yang diambil dari file. Cobalah modifikasi program ini supaya data yang sudah ada di memori tidak dihapus tetapi ditambahkan dengan data dari file.
  3. Cobalah tambahkan sebuah menu lagi untuk menghapus data. Mula2 user akan ditanya data mana yang akan dihapus (misal berdasarkan Nomor Induk), jika data ini ada maka data ini dihapus, namun jika data ini tidak ada maka akan muncul pesan "Data yang ingin dihapus tidak ditemukan".


No comments:

Post a Comment