Wednesday, February 3, 2010

Animasi Tulisan Maju-Mundur

Animasi tulisan Maju-Mundur adalah animasi sederhana membuat tulisan bergerak maju dan saat mencapai posisi tertentu tulisan tersebut akan bergerak mundur, begitu seterusnya. Program akan berakhir jika pemakai menekan tombol 'x'.





Program ini bisa dibuat dengan mudah menggunakan Turbo / Borland C++ for Dos, karena telah tersedia fungsi-fungsi yang cukup mudah untuk digunakan seperti GOTOXY, DELAY, KBHIT dan GETCH.
  1. delay(): digunakan untuk menunda proses eksekusi selama beberapa millisecond
  2. gotoxy(): digunakan untuk menempatkan kursor pada posisi KOLOM dan BARIS
  3. kbhit(): digunakan untuk mendeteksi terjadinya penekanan tombol. Jika terdapat tombol yang ditekan maka fungsi ini akan mengembalikan nilai TRUE sebaliknya FALSE
  4. getch(): digunakan untuk mengambil informasi tombol yang terakhir kali ditekan.

Yang perlu dilakukan hanyalah menggunakan pusataka, conio.h & dos.h.

#include <conio.h>
#include <dos.h>

Akan tetapi ketika kita menggunakan IDE lain yang tidak tersedia kedua pustaka diatas atau tidak terdapat fungsi yang diinginkan, maka proses pembuatan program ini akan menjadi sulit.

Program kali ini akan dikhususkan untuk teman-teman yang menggunakan sistem operasi Windows yang tidak menggunakan IDE Turbo / Borland C++ for DOS, karena kita akan menggunakan pustaka windows.h untuk membuat keempat fungsi diatas, setelah itu menggunakan fungsi buatan kita ini untuk membuat animasi Tulisan Maju-Mundur.


4 comments:

  1. mas saya udah download filenya and udah bisa run dengan baik.... jika mas berkenan tolong buatkan saya program tulisan berjalan .... misalkan tulisan "stimik " ketika kita run programnya huruf K bergerak ke depan sesai panjang kolomnya trus ketika sudah dampai pada pada akhir kolom tulisan K hilang dan dilanjutkan dengan huruf selanjutnya yaitu i begitu seterunsya mas. intinya huruf stimik bergerak bergiliran . tolong isi juga penjelasanya mas karena program itu saya pakai presentasi tugas dari dosen .....

    ReplyDelete
  2. krim email saya aja mas komang.artana@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  3. saya kesulitan dalam belajar c++

    ReplyDelete
  4. bro kalau membuat tulisan nya bisa berjalan gimana dengan C++

    ReplyDelete