Sunday, January 3, 2010

Kenapa Harus Belajar C++ ?


CplusplusIndonesia mengucapkan selamat memasuki tahun baru 2010 bagi teman-teman semua, semoga semua yang telah direncanakan ditahun ini bisa dicapai dengan baik.

Tulisan ini mungkin sebaiknya menjadi tulisan awal pada BLOG ini. Namun secara tidak sengaja tulisan ini terlupakan karena saya pikir tanpa membaca tulisan ini pun, banyak diantara kita sudah punya alasan sendiri-sendiri untuk memulai belajar C++, salah satunya adalah karena pemrograman C++ umumnya harus dipelajari oleh teman-teman yang mengambil jurusan seperti Elektro dan Teknologi Informasi. Bahasa ini menjadi bahasa pengantar untuk pengenalan dunia pemrograman. Dulu sewaktu memulai belajar pemrograman, alasan utama saya juga karena kami diharuskan menggunakan bahasa pemrograman C/C++ untuk mengimplementasikan teori Algoritma dan Struktur Data (ASD) pada fakultas saya.

Bahasa Pemrograman Mana Yang Harus Saya Pelajari ?

Setelah belajar C++ saya juga mulai belajar bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Delphi, Visual Basic dan mulai berpikir bahasa pemrograman mana yang sebaiknya saya kuasai agar mempermudah saya dalam mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Pada waktu itu pemrograman Java sedang menjadi Idola. Bagi yang menguasai pemrograman satu ini bisa dipastikan akan mudah mendapatkan pekerjaan. Saya dan beberapa teman elektro yang lain pun sempat mengikuti pelatihan dan ikut mengerjakan project Java di Balicamp sehingga kami berangkat rame-rame ke Bali tepatnya di Tabanan Bali. Disana saya mulai berkenalan dengan orang-orang yang sudah lama bekerja disana, dan mulai berbagi pengalaman. Dari cerita yang saya dengarkan, ternyata mengubah cara pandang saya yang saat itu sedang mengidolakan bahasa pemrograman Java. Teman-teman saya mengatakan, mereka dituntut untuk bisa belajar pemrograman sesuai dengan tuntutan proyek. "Jika konsumen menginginkan Java maka kami harus pakai java, jika konsumen menginginkan Visual Basic maka kami juga harus menggunakan Visual Basic walaupun sebelumnya kami tidak mempunyai pengalaman dengan Visual Basic", ungkap salah satu teman saya disana.

Dari pengalaman di Bali, saya menyimpulkan bahwa sebaiknya kita benar menguasai betul konsep pemrograman dan logikanya, karena dengan demikian kita akan bisa belajar dengan cepat bahasa pemrograman yang lain.

Apakah bahasa C/C++ bisa dibutuhkan juga dalam dunia kerja ?

Jawabannya adalah Ya. Teman-teman bisa browsing dan cari informasi tentang lowongan kerja sebagai programmer C++, tentu teman-teman akan menemukan. Di Jerman misalnya, perusahaan yang bergerak dibidang embedded system umumnya mencari programmer C++ dan gaji yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung. Menurut saya hal ini sangat beralasan, karena untuk membuat program pada embedded system, dibutuhkan orang-orang yang betul-betul menguasai bagaimana memanajemen program sehingga bisa berjalan dengan cepat dan juga bisa menggunakan memori yang tersedia dengan baik. Jika hal ini tidak diperhatikan, error yang akan muncul adalah runtime error yang sulit dimengerti jika dibandingkan dengan compiletime error.

Apakah program C/C++ digunakan juga untuk membuat aplikasi canggih yang ada saat ini?

Jawabannya lagi-lagi IYA. Saya yakin teman-teman tahu tentang aplikasi google earth, skype. Aplikasi ini dibuat menggunakan QT yang menggunakan C++ sebagai modul intinya.





Jadi bagi yang sudah bisa C++, tidak ada salahnya mulai belajar QT. Alamat website yang baik untuk memulai belajar QT adalah Nokia-QT Website.

8 comments:

  1. gaji di jerman berapaan pak? numpang daftarin mbok-an wakakakakaka aku kirimin cv hihihihihii

    gimana kabarnya sekarang pak? anak istri gimana?

    ReplyDelete
  2. Halo bos ...

    thx yah udah comment and menayakan keluarga saya. Kami semua baik2 saja.

    Ttg gaji, coba saja iseng2 daftar ke sini:
    http://www.experteer.de/

    terus cari perusahaan yang mencari programmer C++, nanti kamu bisa lihat sendiri range gaji yang ditawarkan.

    Salam,
    VnP

    ReplyDelete
  3. Pak saya ingin belajar c++ tapi bingung dari mana dan klo ngak ngerepotin bokeh minta referensi tentang c++ ..
    klo boleh saya ingin berguru sama bapak.
    Mohon bimbingannya ya Pak!!

    salam
    paculnuncep@Gmail.com
    Ricky Adrianto ,,

    GBU

    ReplyDelete
  4. Keren blognya saya harap anda tetap menulis

    ReplyDelete
  5. @Vicky:
    Hi Vicky, salah satu tujuan BLOG ini adalah
    untuk membantu teman2 belajar C++ dari awal. Saran saya silahkan baca lagi artikel tentang PENGENALAN C++. Di dalam artikel2 tersebut, saya juga sudah menambahkan beberapa referensi tambahan.

    @TOPI HITAM:
    Terimakasih. Tentu saja saya berharap BLOG ini bisa terus diisi dengan tulisan2 menarik dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga saja, ada lagi tambahan teman2 yang ingin ikut menyumbangkan artikel ke BLOG ini.

    Salam,
    VnP

    ReplyDelete
  6. blog yang bagus, pak.
    saya juga suka C++, :)

    ReplyDelete
  7. saya sedang belajar C++, sepertinya perjalanan yang sangat panjang.

    ReplyDelete
  8. saya anak pemula yang baru belajar c++, mohon bantuanya kaka tentang cara coding penjualan barang meggunakan dev c++, mohon artikel nya kirim ke email saya ya ka susiriyanti19@gmail.com trimakasih kaka, succes for you.

    ReplyDelete