Friday, March 5, 2010

Mengenal Pustaka Cppindonesia

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tujuan dari pembuatan pustaka cppindonesia adalah untuk menyimpan semua fungsi yang sudah pernah kita buat kedalam sebuah pustaka. Dengan adanya pustaka ini, program yang kita buat akan semakin rapih karena kita tidak perlu lagi meletakan fungsi-fungsi pendukung seperti gotoxy(), kbhit(), dll di dalam file : main.cpp sehingga secara otomatis isi file ini hanya terdiri dari fungsi-fungsi yang berkaitan dengan masalah yang hendak dipecahkan.

Untuk bisa menggunakan pustaka ini, kita perlu mendambahkan baris berikut ke dalam file yang hendak menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat di dalam pustaka tersebut :

#include "cppindonesia.h"

Pustaka Cppindonesia diimplementasikan dalam bentuk class, sehingga kita perlu membuat objek dari class tersebut sebelum bisa menggunakan fungsi yang ada, misal :

Cppindonesia cpp;

atau

Cppindonesia fungsiPlus;

Pada contoh di atas, kita membuat 2 (dua) buah objek dengan nama cpp dan fungsiPlus.

setelah objek terbentuk, langkah selanjutnya adalah menggunakan fungsi-fungsi yang sudah kita buat. Misal kalau kita menggunakan objek cpp :

cpp.gotoxy(10,20);
cout << "Halo Indonesia";

kalau kita menggunakan objek fungsiPlus :

fungsiPlus.gotoxy(10,20);
cout << "Halo Indonesia";

Sebagai catatan kita bersama, tujuan lain dari pembuatan pustaka ini adalah membuat fungsi-fungsi siap pakai yang mudah dalam pemakaiannya dan juga untuk membacanya, sehingga sebagai pemrogram (terutama pemula dalam bahasa C/C++), kita akan lebih mudah memahami source code yang kita tulis.

Mengupdate Pustaka Cppindonesia

Kedepannya pustaka ini diharapkan akan terus dikembangkan dengan tujuan menyediakan fungsi-fungsi yang mudah dimengerti dan dipahami saat belajar pemrograman C++. Bagi teman-teman yang telah membuat fungsi-fungsi siap pakai, bisa juga membagikan fungsi tersebut kepada kami untuk ditambahkan kedalam pustaka ini.

Pustaka ini terdiri dari 2 (dua) file penting yaitu :
  1. cppindonesia.h
  2. libcppindonesia.a
Untuk itu jika terdapat versi baru dari pustaka ini, dan teman-teman ingin mengupdate pustaka yang sudah pernah ada sebelumnya, langkah yang perlu dilakukan hanyalah me-replace / mengganti kedua file yang lama dengan file yang baru.

Untuk mengetahui versi dari pustaka yang saat ini teman-teman pakai, silahkan menjalankan about().

cpp.about();

Menggunakan Pustaka ini Untuk Tugas Sekolah / Kuliah

Seperti pustaka-pustaka yang lain stdio.h, string.h ; pustaka ini tentu bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, namun yang perlu diingat adalah pustaka ini bukanlah pustaka standart yang disediakan oleh C++, sehingga saat membawa program kita ke laboratorium, kita harus juga membawa serta pustaka ini dan pastikan bahwa anda bisa menggunakan IDE yang dipakai di laboratorium untuk mengkompilasi program anda menggunakan pustaka ini.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah pahami dengan betul tugas anda. Terkadang pada tugas yang diberikan anda diminta untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa menggunakan pustaka tertentu. Sebagai contoh, dulu ketika mengerjakan tugas di lab untuk membuat animasi kalimat, kami tidak diperkenankan menggunakan fungsi jadi yang sudah disediakan di dalam pustaka string.h. Sehingga kami harus menyelesaikan tugas tersebut menggunakan operasi Array.

Pustaka Versi 1.1

Pustaka Versi 1.1 adalah perbaikan dari Versi 1.0. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang dilakukan :
  1. Perbaikan kesalahan komentar pada header file
  2. Semua variable / attribue telah dipindahkan dari public ke dalam private access modifier


No comments:

Post a Comment