Thursday, March 4, 2010

Pemrograman Dengan Mouse

Pada tulisan kali ini akan diperkenalkan sebuah PUSTAKA yang dibuat oleh Cplusplusindonesia untuk menyimpan semua fungsi yang sudah pernah dibahas. Dengan adanya pustaka ini, program kita akan menjadi lebih rapih, karena fungsi-fungsi yang sering kita pakai sudah dipindahkan ke dalam pustaka ini. Nama dari pustaka ini adalah "cppindonesia" sehingga untuk menggunakan pustaka ini cukup menambahkan perintah berikut pada source code kita :

#include "cppindonesia.h"

Pada versinya yang pertama, sudah terdapat beberapa fungsi yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya sudah kita pakai pada contoh program sebelumnya seperti gotoxy(), kbhit(), dll. Terdapat juga beberapa fungsi tambahan yang berhubungan dengan penggunaan Mouse. Silahkan membuka file cppindonesia.h untuk melihat semua daftar fungsi yang sudah diimplementasikan lengkap dengan penjelasannya.

Berikut ini adalah program kecil yang mendemokan penggunakan pustaka ini :




Pustaka "cppindonesia" terdiri dari 2 (dua) file penting dan diletakan dalam direktori pustaka pada project yang bisa didownload :

1. cppindonesia.h : Berisi informasi prototype semua fungsi (merupakan teks file)
2. libcppindonesia.a : Berisi implementasi prototype (bukan teks file)

Untuk mempermudah mencoba penggunaan dari pustaka ini, disarankan untuk menggunakan IDE QtCreator karena project yang didownload adalah project yang dibuat menggunakan IDE ini. Bagi teman-teman yang menggunakan IDE lain, perlu dicari bagaimana caranya mengabungkan file pustaka (*.a) yang tersedia dengan program yang akan dibuat.

Petunjuk penting untuk menjalankan project :
  1. Extractlah paket yang didownload, misalkan di : D:\Cppindonesia\Pustaka
  2. Jalankan Qt-Creator
  3. Pilih menu : File -> Open File or Project, masuk ke D:\Cppindonesia\Pustaka, kemudian bukalah file project : usepustaka.pro
  4. Pada sisi kiri dari project yang dibuka, bukalah file usepustaka.pro
  5. Pada file usepustaka.pro, kita akan menemukan baris seperti berikut : LIBS += "C:\Users\braveheart\Documents\QtCreatorProjects\usepustaka\pustaka\libcppindonesia.a" dan INCLUDEPATH += "C:\Users\braveheart\Documents\QtCreatorProjects\usepustaka\pustaka"
  6. Ubahlah baris tersebut menjadi : LIBS += "D:\Cppindonesia\Pustaka\pustaka\libcppindonesia.a" dan INCLUDEPATH += "D:\Cppindonesia\Pustaka\pustaka"
  7. Jalankan project




No comments:

Post a Comment