Monday, April 4, 2011

Simple Rattle Snake

Saya yakin banyak diantara kita pernah tahu aplikasi permainan rattle snake. Pada permainan ini, pemain akan mengontrol jalannya seekor ular untuk memakan “makanan” yang telah disediakan dan pada setiap kali makan, panjang dari ular akan bertambah. Nah pada pembahasan kali ini, kita akan belajar bersama-sama bagaimana membuat program yang mirip dengan rattle snake. Kita akan membuat program mulai dari yang sederhana sampai dengan yang lumayan kompleks. Program yang kompleks adalah pengembangan dari program yang sederhana sehingga teman-teman diharapkan mempelajari program yang sederhana baru kemudian program yang kompleks.

Berikut ini adalah beberapa skenario program yang telah dibuat:

1. Pada program yang pertama, fokus kita adalah membuat bagaimana agar ular bisa berjalan mengikuti rute tertentu. Misal menuju ke kanan, kemudian ke bawah, kemudian ke kiri, kemudian ke atas, begitu seterusnya (lihat source code: ular1)


2. Pada program kedua, fokus kita adalah membuat ular untuk berjalan secara acak. Idenya adalah setiap kali ular mencapai batas atas, bawah, kanan atau kiri, ular harus memilih arah selanjutnya secara acak (lihat source code: ular2)


3. Pada program ketiga, fokus kita adalah bagaimana mengembangkan program kedua, sehingga ular yang ada bukan saja satu ekor melainkan dua ekor. Dengan memahami program yang telah ada, teman-teman bisa saja membuat agar ular yang berjalan bisa lebih dari dua (lihat source code: ular3)




INFO : di Tokokatong sudah tersedia contoh pembuatan "Rattle Snake" menggunakan teknik Array, yang memungkinkan kita membuat "ular" yang lebih menarik.

3 comments:

  1. sangat membantu sekali

    saya ingin belajar c++ sampai bener2 mahir mas

    mohon bantuanya yaa untuk selalu memandu saya.

    Arvin W. Putra

    i have followed your blogs
    http://www.masarvin.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum... mas mau nanya header buat delay() apa ya... ane udah cari di google gak ketemu-temu...

    ane pake linux.. codelite

    ReplyDelete