Wednesday, March 2, 2011

Berkenalan Dengan Oledit - IDE untuk Pemula Belajar C/C++

Oledit adalah sebuah IDE C/C++ yang saya buat menggunakan Gambas. Gambas dikenal dengan julukan "Visual Basic" di Linux. Karena itu IDE ini hanya bisa dijalankan di Linux.

Tujuan awal pembuatan IDE ini adalah menghadirkan IDE C/C++ di Linux yang mudah dipakai. Kemudahan ini diwujudkan dengan 2 (dua) cara:
  1. Membuat IDE yang penggunaannya mirip dengan turbo/Borland C di Windows.
  2. Menyediakan fungsi-fungsi yang selama ini sudah sering dipakai pada saat membuat program C/C++ di Windows.
Lebih lanjut, IDE ini sebenarnya merupakan IDE yang digunakan untuk mendukung keberadaan pustaka openlib. Pada pustaka inilah, fungsi-fungsi bahasa C/C++ yang sudah sering dipakai di Windows diimplementasikan. Keterangan lebih lanjut tentang pustaka ini bisa dibaca pada buku C/C++ Goes to Opensource.

Pada versi berikutnya, IDE ini telah dirancang untuk membantu para pemula yang baru saja memulai belajar C/C++. Idenya adalah membuat IDE yang bisa membantu pemula agar hanya berkonsentrasi pada pembuatan program, tanpa harus memiliki pengetahuan dasar akan perintah-perintah dan sintaks dari pemrograman bahasa C/C++.

Berikut ini adalah beberapa Video dari IDE Oledit:


Membuat Program "Halo Dunia"




Membuat Program Untuk Berkenalan




Membuat Program Untuk membandingkan Dua Angka


2 comments:

  1. kak, saya sudah instal netbean, qt creator, saya mau membuat emulator konsol n64 dan playstation1 di hp symbian os 3rd. emang sih hardwarenya cuma ada 332 mhz arm, openGLes 1.1 tapi nggak ada salahnya kan nyoba. saya udah dapet source code psx4all tapi bingung gimana sih membangun sebuah emulator sedangkan c++ aja saya belum paham. mohon bantuannya ya kak. ini alamat blog saya:
    www.ngage4all.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. nice post gan, sangat membantu
    cek rizalsofyan.blogspot.co.id/2016/03/cara-membuat-blog-simple.html?m=1

    ReplyDelete