Monday, February 7, 2011

Instalasi Paket C++ Ubuntu 10.10

Saya baru saja menginstall Distro Linux Ubuntu 10.10 versi desktop. Ketika mencoba membuat program "Halo Dunia" menggunakan bahasa C dan mencoba mengkompilasi kemudian menjalankannya, ternyata distro ini bisa melakukannya dengan baik. Namun ketika saya mencoba membuat lagi program "Halo Dunia" menggunakan C++, saya mengalami kegagalan saat mencoba untuk mengkompilasinya. Setelah saya cek, ternyata pada distro ini belum terinstall paket "g++" yang dibutuhkan untuk melakukan kompilasi kode sumber C++.

Saya kemudian mencoba menginstall paket "g++" dengan mencoba cara mudah yaitu dengan cara mengambil paket tersebut melalui repositori Ubuntu yang tersedia di Internet. Namun sayangnya, ketika saya mencoba melakukan proses update repositori, muncul sekali banyak pesan error yang memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengakses ke repositori-repositori tersebut.

Akhirnya saya terpaksa mendownload secara manual semua paket yang dibutuhkan dan setelah terkumpul semua paket tersebut, saya melakukan proses instalasi melalui shell/console. Proses instalasi berhasil, namun nama executable yang terinstall adalah "g++-4.5", padahal terdapat IDE, misal Qt-Creator, secara default akan mencari "g++" dan bukan "g++-4.5". Untuk itu, saya membuat link ke "g++-4.5" dengan nama "g++".

Berikut ini saya tunjukan beberapa langkah singkat proses instalasi yang saya lakukan:

Anggap saja anda sudah mendapatkan semua paket yang dibutuhkan dan disimpan di dalam direktori installCplusplus. Pada bagian akhir tulisan ini, terdapat sebuah link untuk mendownload semua paket yang dibutuhkan.

  1. Masuk ke direktori installCplusplus
  2. Berikan perintah: sudo dpkg -i *.deb
  3. Perintah sebelumnya akan meminta anda untuk memasukan password anda.
  4. Buat link ke file "g++-4.5". Berikan perintah: sudo ln -s /usr/bin/g++-4.5 /usr/bin/g++
Selamat mencoba ...

Download Paket Instalasi


No comments:

Post a Comment